6 Faktor Penyebab Penyakit Rematik Pada Semua Usia

Selamat datang di situs kesehatan www.IstanaGreenWorld.com, Satu-satunya pusat Obat Herbal Green World Global yang menyediakan berbagai produk Suplemen dan Vitamin alami dari Green World. 100 % Aman dan tersebar di 20 negara.

Melayani pemesanan ke seluruh Indonesia dengan memberikan penawaran menarik untuk Anda ” BISA KIRIM BARANG DULU, SETELAH BARANG SAMPAI BARU BAYAR & DIJAMIN UANG KEMBALI JIKA PESANAN TIDAK SAMPAI KE ALAMAT ANDA

6 Faktor Penyebab Penyakit Rematik Pada Semua Usia

6 Faktor Penyebab Penyakit Rematik Pada Semua Usia

6 Faktor Penyebab Penyakit Rematik Pada Semua Usia – Penyakit rematik adalah salah satu gangguan umum yang dapat menyerang siapa saja baik itu anak-anak, orang dewasa dan terutama pada lansia, tetapi paling sering dimulai antara usia 40 dan 50. Sekitar tiga kali lebih banyak perempuan daripada laki-laki yang terpengaruh oleh penyakit ini.

Rasa panas, kemerahan, nyeri, dan bengkak pada persendian adalah beberapa gejala utama dari penyakit rematik yang biasanya dirasakan oleh penderitanya.

Baca juga :

Dalam dunia medis, penyakit rematik dikenal juga dengan sebutan rheumatoid arthritis. Rheumatoid arthritis adalah penyakit autoimun. Ini berarti bahwa sistem kekebalan tubuh mulai menyerang jaringan tubuh sendiri bukannya kuman dan virus, yang menyebabkan peradangan.

Sistem kekebalan tubuh Anda biasanya membuat antibodi yang menyerang bakteri dan virus, membantu untuk melawan infeksi. Jika Anda memiliki rheumatoid arthritis, sistem kekebalan tubuh keliru mengirimkan antibodi pada lapisan sendi Anda, di mana mereka menyerang jaringan di sekitar sendi.

Lalu, apa sajakah faktor penyebab rematik yang menyerang semua usia ?

Laman rheumatoidarthritis.org menjelaskan bahwa rheumatoid arthritis atau rematik adalah gangguan autoimun, yang berarti hal itu disebabkan oleh anomali dalam sistem kekebalan tubuh. Dokter tidak yakin apa yang menyebabkan sistem kekebalan tubuh untuk menyerang jaringan sendiri, tetapi mereka telah mengidentifikasi faktor apa yang dapat berkontribusi terhadap rematik.

  • Faktor genetik

Ada gen tertentu yang mungkin memainkan peran kecil dalam pengembangan RA, meskipun tidak secara langsung. Para peneliti telah mengidentifikasi penanda genetik beberapa yang dikenal untuk mengontrol respon imun. Para peneliti telah menemukan bahwa orang yang memiliki satu gen pada khususnya, HLA, bisa 5 kali lebih mungkin untuk mendapatkan RA daripada orang yang tidak.

Namun, tidak semua orang dengan rheumatoid arthritis memiliki gen dan tidak semua orang dengan gen yang memiliki rheumatoid arthritis. Penelitian menunjukkan gen ini tidak menyebabkan RA, tapi mungkin membuat pasien lebih rentan untuk mengembangkan penyakit rematik.

  • Faktor lingkungan

Ada beberapa faktor lingkungan yang dikombinasikan dengan kecenderungan genetik, diantaranya :

  1. Insektisida
  2. Polusi udara
  3. Bakteri dan virus
  4. Paparan asap rokok

Baca juga :

Ada juga beberapa risiko yang datang dari paparan bahaya kerja, seperti :

  1. Minyak mineral
  2. Silica mineral (ditemukan dalam obsidian, granit, diorit, dan batu pasir)
  • Faktor pribadi

Jenis kelamin: Laki-laki dan perempuan yang rentan terhadap RA, tetapi penyakit ini jauh lebih umum pada wanita. Bahkan, 70 persen orang didiagnosis dengan rheumatoid arthritis adalah perempuan. Hal ini mungkin karena berbagai faktor hormonal yang terlibat dalam pengembangan RA.

  • Umur

RA dapat mempengaruhi seseorang pada usia berapa pun, tapi biasanya dapat menyerang pada mereka yang berusia antara 40-60.

  • Riwayat keluarga

Mereka yang memiliki riwayat keluarga rheumatoid arthritis mungkin memiliki kesempatan lebih tinggi terkena penyakit ini.

  • Kegemukan

Orang yang kelebihan berat badan atau obesitas tampak pada risiko sedikit lebih tinggi dari mengembangkan rheumatoid arthritis, terutama pada wanita didiagnosis dengan penyakit ini ketika mereka masih 55 atau lebih muda.

Sementara itu pada beberapa orang dengan rheumatoid arthritis, peradangan kronis menyebabkan kerusakan tulang rawan, tulang, dan ligamen, menyebabkan deformitas sendi. Kerusakan sendi dapat terjadi pada awal penyakit dan progresif.

Baca juga :

Rheumatoid arthritis adalah penyakit sistemik, peradangan yang dapat mempengaruhi organ-organ dan bagian tubuh lain selain sendi. Peradangan pada kelenjar mata dan mulut dapat menyebabkan kekeringan pada daerah-daerah tersebut dan disebut sebagai sindrom Sjögren.

Itulah beberapa faktor dan penyebab rematik pada semua usia. Semoga artikelnya bermanfaat, terimakasih 🙂

Posted by Istana Green World

6 Faktor Penyebab Penyakit Rematik Pada Semua Usia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *