Bahaya Kesemutan ( Kebas ) Pada Kaki, Tangan Dan Kepala

By | December 17, 2015

Selamat datang di situs kesehatan www.istanagreenworld.com, Satu-satunya pusat Obat Herbal Green World Global yang TELAH RESMI DIAKUI sebagai Toko Online Terpercaya dan menyediakan berbagai produk Suplemen dan Vitamin alami. 100 % Aman dan tersebar di 20 negara.

Melayani pemesanan ke seluruh Indonesia dengan memberikan penawaran menarik untuk Anda ” BISA KIRIM BARANG DULU, SETELAH BARANG SAMPAI BARU BAYAR & DIJAMIN UANG KEMBALI JIKA PESANAN TIDAK SAMPAI KE ALAMAT ANDA

Bahaya Kesemutan ( Kebas ) Pada Kaki, Tangan Dan Kepala

Bahaya Kesemutan ( Kebas ) Pada Kaki, Tangan Dan KepalaBahaya Kesemutan ( Kebas ) Pada Kaki, Tangan Dan Kepala – Dalam ilmu kedokteran, kebas atau kesemutan dikenal dengan nama penyakit parestesia. Penyakit ini merupakan suatu kondisi dimana terjadi gangguan / kerusakan pada saraf di daerah, di kenal dengan neuropati. Pada kasus lain, penyebab kesemutan berarti bahwa satu atau lebih saraf berada di bawah tekanan, atau tidak mendapatkan cukup darah.

Contoh penyebabnya ialah ketika Anda kurang gerak. Bila Anda tidak bergerak untuk waktu yang lama, dapat memberikan tekanan pada saraf dan pembuluh darah, mengakibatkan kesemutan ketika Anda bergerak lagi.

Kebas dan kesemutan sendiri lebih sering terjadi pada kaki dan tangan, namun tak jarang pula kesemutan ini terjadi pada wajah bahkan kepala.

Lalu, benarkah kebas kesemutan dapat berbahaya dan mengancam jiwa ?

Sebenarnya, kebas dan kesemutan sendiri bukanlah hal yang harus ditakuti. Karena gangguan ini merupakan gangguan yang normal terjadi pada manusia. Namun, yang harus Anda waspadai ialah jika kebas dan kesemutan baik pada kaki, tangan ataupun kepala terjadi terus menerus atau dalam jangka waktu yang lebih lama dari biasanya.

Baca juga : Cara Mengobati Kebas Kesemutan Pada Kaki Dan Tangan

Seperti yang dikutip dari majalahkesehatan.com, ada beberapa penyakit kronis ( berbahaya ) yang sering kali gejalanya menimbulkan rasa kebas dan kesemutan kaki, tangan dan kepala, seperti diantaranya :

Diabetes. Diabetes dapat merusak pembuluh darah kecil yang memasok saraf di jari tangan dan kaki. Hal ini dapat menyebabkan kesemutan, nyeri atau mati rasa di tangan dan kaki (neuropati perifer).

Kompresi saraf/saraf terjepit, misalnya kompresi saraf ulnaris (saraf yang dimulai di leher dan memanjang ke bawah hingga bagian dalam lengan atas dan siku). Contoh lainnya adalah siatika, nyeri yang disebabkan oleh iritasi atau kompresi saraf siatik, yang memanjang dari bagian belakang panggul, melalui pantat dan turun hingga ke tungkai-tungkai kaki.

Carpal tunnel syndrome, sensasi nyeri dan kesemutan di tangan yang disebabkan oleh akumulasi tekanan di terowongan kecil yang memanjang dari pergelangan tangan ke telapak tangan (carpal tunnel) .

Paparan zat beracun, seperti timah atau radiasi.

Malnutrisi, di mana tubuh kekurangan nutrisi yang penting untuk berjalannya sistem saraf, termasuk vitamin B12.

Kerusakan saraf akibat infeksi, cedera atau penyalahgunaan alkohol

Efek samping obat tertentu, seperti kemoterapi (obat kuat yang digunakan untuk mengobati kanker), obat HIV, antibiotik metronidazol atau obat pencegah kejang (antikonvulsan).

Kondisi lain seperti stroke, multiple sclerosis dan tumor otak. Kondisi-kondisi tersebut sangat serius tetapi jarang terjadi dan selalu disertai gejala lain selain kesemutan.

Bahaya Kesemutan ( Kebas ) Pada Kaki, Tangan Dan KepalaSelain bahaya kesemutan yang dapat ditimbulkan dari gejala penyakit diabetes, stroke atapun tumor otak. Kesemutan juga bisa merupakan gejala awal dari penyakit Neuropati.

Dikutip dari vemale.com, Neuropati. Rasa pegal dan kesemutan tanpa sebab termasuk gejala awal kerusakan sistem syaraf atau neuropati yang harus diwaspadai, kata konsultan neurologi dari Departemen Neurologi Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia-Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo, dr. Manfaluthy Hakim, Sp.S(K).

Ia menjelaskan, kerusakan saraf ini bisa disebabkan oleh penyakit, trauma pada saraf, penyakit sistemik, efek samping obat atau bertambahnya usia.  Gejala-gejala neuropatik, lanjut dia, perlu diketahui karena bisa menunjukkan seberapa berat kerusakan pada sistem saraf.

Menurut Luthy, gejala awal neuropati biasanya kesemutan tanpa sebab yang terkadang disertai rasa baal, kebas atau terbakar dan saat kerusakan sudah memasuki stadium lanjut bagian tubuh yang sarafnya rusak akan mati rasa.

Terimakasih Sudah Berkunjung, Semoga Artikelnya Bermanfaat

Baca juga :

Cara Mengobati Kebas Kesemutan Pada Kaki Dan Tangan

Penyebab Sering Kesemutan Pada Tangan Dan Kaki

Gejala Dan Penyebab Sakit Ulu Hati

Posted By Istana Green World

Bahaya Kesemutan ( Kebas ) Pada Kaki, Tangan Dan Kepala

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *