Bahaya Rokok Terhadap Paru-Paru

By | September 21, 2015

Bahaya Asap Rokok Terhadap Paru-Paru

Hallo sabahat kesehatan, Anda termasuk perokok aktif atau perokok pasif ? Jika termasuk kedua-duanya, maka Anda wajib perhatikan beberapa bahaya asap rokok terhadapat kesehatan paru paru Anda berikut ini :

Bahaya Rokok Terhadap Paru-ParuBahaya Asap Rokok Terhadap Paru-Paru – Partikel pada asap rokok terdiri dari tar, nikotin, fenol, kadmium dan benzopiren. Sedangkan gas pada asap rokok terdiri dari amonia, karbon monoksida (CO), karbon dioksida, senyawa hidrokarbon, hidrogen sianida dan oksida nitrogen.

Asap tembakau mengandung lebih dari 7.000 bahan kimia. Sekitar 70 dari mereka yang diketahui menyebabkan kanker. Merokok adalah faktor risiko nomor satu untuk kanker paru-paru.

Asap rokok mempunyai kandungan hingga mencapai 4.000 bahan kimia, diantaranya yang bersifat karsinogenik (dapat menyebabkan kanker, termasuk kanker paru paru) yang mencapai 40 jenis bahan kimia. Kandungan bahan kimia tersebut lebih banyak pada asap rokok yang dibebaskan ke udara dan dapat bertahan hingga beberapa jam dalam ruangan walau pun perokok telah mematikan rokoknya.

Kebanyakan diantara kita menyadari bahwa asap rokok memang berbahaya, namun entah kenapa hal itu seolah menjadi angin lalu.

Baca juga :

Fungsi paru-paru terus memburuk selama seseorang terus merokok, namun dampak negatif tersebut tidak serta merta secara instan mempengaruhi paru paru Anda, diperlukan waktu bertahun-tahun untuk paru paru Anda kemudian menjangkit penyakit paru-paru.

Asap rokok mengiritasi paru-paru dan menyebabkan kelebihan produksi lendir. Hal ini juga melumpuhkan silia – rambut seperti struktur kecil yang melapisi saluran udara yang bertugas membersihkan debu dan kotoran.

Jika silia mengalami gangguan ( kelumpuhan fungsi ), berarti lendir dan zat beracun terakumulasi, sehingga secara otomatis dapat menyebabkan fungsi paru-paru terganggu / macet. Bronkitis kronis adalah salah satu penyakit yang sering muncul sebagai akibat gangguan pada silia paru paru.

Paparan jangka panjang dari Bahaya Asap Rokok Terhadap Paru-Paruparu-paru ke iritan dalam asap tembakau menghancurkan struktur paru-paru normal. Dinding elastis dari saluran udara kecil dalam paru-paru yang rusak.

Baca juga :

Hal ini akan mengurangi jumlah jaringan paru-paru yang tersedia untuk transfer oksigen dari udara ke darah. Kondisi ini disebut emphysema.

Kerusakan pada jaringan paru-paru tidak dapat diobati hanya dengan obat-obatan biasa. Emfisema dapat dicegah dengan tidak merokok, menghindari segala sesuatu yang akan mengiritasi paru-paru seperti debu dan udara dingin, dan memastikan setiap infeksi dada seperti flu dan bronkitis ditangani dengan baik.

Dalam kondisi yang disebut emfisema, kantung udara di paru-paru hancur. Pada bronkitis kronis, lapisan tabung paru-paru menjadi meradang. Seiring waktu, perokok mengalami peningkatan risiko mengembangkan bentuk-bentuk penyakit paru obstruktif kronik (PPOK). Perokok jangka panjang juga di peningkatan risiko kanker paru-paru.

Baca Juga :

Baca juga :

Kandungan tar pada rokok. Ketika merokok, kandungan tar di dalam rokok akan ikut terisap. Zat ini akan mengendap di paru-paru Anda dan berdampak negatif pada kinerja rambut kecil yang melapisi paru-paru. Padahal rambut tersebut bertugas untuk membersihkan kuman dan hal lainnya keluar dari paru-paru Anda.

Efek rokok yang bisa Anda rasakan sehari-hari adalah batuk-batuk, sesak napas, lebih mudah lelah, lebih rentan terhadap infeksi, atau mengalami gangguan tidur yang ditandai dengan sulit bernapas pada malam hari kemudian merasa kelelahan di pagi hari.

Baca juga :

Baca juga :

Mungkin Anda sudah terbiasa mendengar bahaya merokok terhadap tubuh, namun Anda tetap tidak menghentikan kebiasaan mengisap rokok karena merasa saat ini kesehatan Anda masih baik-baik saja.

Perlu diingat, merokok sama saja seperti menabung racun pada tubuh yang sedikit demi sedikit bisa menumpuk jika dilakukan terus-menerus. Dengan begitu, risiko menderita penyakit pun akan lebih tinggi pada masa tua. Tidak hanya Anda, orang-orang terdekat pun akan merasakan efeknya karena menghirup asap rokok yang beracun.

Selain itu, Anda tahu ? Salah satu konsekuensi utama yang bisa Anda dapatkan dari rokok adalah menderita penyakit jantung. Diperkirakan, sebanyak 20% kematian akibat penyakit jantung terkait langsung dengan kebiasaan merokok.

Baca juga : Ciri Radang Paru ParuCara Mengobati Sinusitis – Obat Kanker Paru Paru

Tips Dan Cara Berhenti Merokok Dalam Waktu 7 Hari ( 1 Minggu )

Posted By Istana Green World

Bahaya Asap Rokok Terhadap Paru-Paru

One thought on “Bahaya Rokok Terhadap Paru-Paru

  1. Pingback: Daftar Obat Kuat Berbahaya Menurut BPOM | Istana Green World Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *