Batu Empedu Dan Penyakit Kuning

Selamat datang di situs kesehatan www.IstanaGreenWorld.com, Satu-satunya pusat Obat Herbal Green World Global yang menyediakan berbagai produk Suplemen dan Vitamin alami dari Green World. 100 % Aman dan tersebar di 20 negara.

Melayani pemesanan ke seluruh Indonesia dengan memberikan penawaran menarik untuk Anda ” BISA KIRIM BARANG DULU, SETELAH BARANG SAMPAI BARU BAYAR & DIJAMIN UANG KEMBALI JIKA PESANAN TIDAK SAMPAI KE ALAMAT ANDA

Hubungan Antara Batu Empedu Dan Penyakit Kuning

Hubungan Antara Batu Empedu Dan Penyakit Kuning

Beberapa jenis penyakit umumnya dapat saling berhubungan satu sama lain, sepertihalnya antara penyakit batu empedu dan penyakit kuning.

Penyakit batu empedu

Batu empedu adalah penyakit yang biasanya menyebabkan beberapa gejala seperti nyeri pada perut bagian kanan atas, mual, muntah, kotoran berwarna gelap, bersendawa, diare dan gangguan perncernaan.

Batu empedu sendiri tidak menimbulkan rasa sakit. Sebaliknya, rasa sakit terjadi saat batu empedu menghalangi pergerakan empedu dari kantong empedu.

Baca juga : Cara menghancurkan batu empedu tanpa operasi

Penyakit ini terbentuk ketika zat tertentu yang mulai mengeras dan berkembang di kantong empedu atau saluran empedu. Beberapa bahan kimia yang ada di kantong empedu, seperti kolesterol , kalsium bilirubinat, dan kalsium karbonat, bisa mengeras menjadi endapan batu dan pada akhirnya menyebabkan penyakit batu empedu.

Penyakit kuning

Penyakit kuning atau dikenal juga dengan jaundice adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan kulit dan bagian putih mata yang menguning. Penyakit ini disebabkan oleh penumpukan zat yang disebut bilirubin di jaringan darah dan tubuh.

Jika umumnya batu empedu lebih sering menyerang mereka yang sudah dewasa, hal ini berbeda dengan penyakit kuning, penyakit kuning ini dapat menyerang mereka yang sudah dewasa bahkan yang masih anak-anak dan bayi baru lahir.

Lalu, bagaimana hubungan antara penyakit batu empedu dan penyakit kuning ?

Sebenarnya penyakit batu empedu dan penyakit kuning ini tidak berhubungan secara langsung. Laman medicalnewstoday.com menjelaskan bahwa jika batu empedu meninggalkan kantong empedu dan tersangkut di saluran empedu, hal itu bisa menghalangi perjalanan empedu ke dalam usus.

Empedu kemudian akan meresap ke dalam aliran darah, dan pasien akan menunjukkan tanda-tanda penyakit kuning – kulit dan bagian putih mata akan berwarna kuning.

Lebih lanjut lagi, laman patient.info menjelaskan bahwa penyakit kuning merupakan komplikasi dari penyakit batu empedu yang jarang terjadi. Itu terjadi jika batu empedu keluar dari kantong empedu tapi terjebak di saluran empedu. Namun, biasanya diperlukan operasi untuk mengeluarkan batu empedu yang telah tertancap di saluran empedu.

Tidak hanya batu empedu yang dapat menyebabkan penyakit kuning, beberapa disebabkan oleh kanker (seperti kanker di pankreas atau saluran empedu) atau kelainan hati yang jarang terjadi (seperti kolangitis bilier primer atau kolangitis sklerosing primer ).

Itulah hubungan antara penyakit kuning dan penyakit batu empedu. Semoga artikelnya bermanfaat, terimakasih 🙂

Source : http://www.merckmanuals.com/home/liver-and-gallbladder-disorders/manifestations-of-liver-disease/jaundice-in-adults

Baca juga artikel lainnya :

Khasiat Jelly Gamat QnC

Cara Menyembuhkan Trigeminal Neuralgia

Posted by Istana Green World

Hubungan Antara Batu Empedu Dan Penyakit Kuning

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.