Benarkah Madu Bermanfaat Bagi Penderita Luka Diabetes ?

Selamat datang di situs kesehatan www.IstanaGreenWorld.com, Satu-satunya pusat Obat Herbal Green World Global yang menyediakan berbagai produk Suplemen dan Vitamin alami dari Green World. 100 % Aman dan tersebar di 20 negara.

Melayani pemesanan ke seluruh Indonesia dengan memberikan penawaran menarik untuk Anda ” BISA KIRIM BARANG DULU, SETELAH BARANG SAMPAI BARU BAYAR & DIJAMIN UANG KEMBALI JIKA PESANAN TIDAK SAMPAI KE ALAMAT ANDA

Benarkah Madu Bermanfaat Bagi Penderita Luka Diabetes ?

Benarkah Madu Bermanfaat Bagi Penderita Luka Diabetes ?

Khasiat madu bagi penderita luka diabetes – Diabetes adalah penyakit kronis di mana tubuh Anda tidak dapat menggunakan glukosa, atau gula, dengan cara yang seharusnya. Hal ini dapat menyebabkan sejumlah komplikasi, termasuk salah satunya ialah luka diabetes atau gangren.

Sebuah luka kaki diabetik adalah luka terbuka atau luka yang terjadi pada sekitar 15 persen pasien dengan diabetes dan umumnya terletak di bagian bawah kaki. Dari mereka yang mengembangkan ulkus kaki, 6 persen akan dirawat di rumah sakit karena infeksi atau komplikasi yang berhubungan dengan ulkus lainnya.

Untuk membantu penyembuhan luka diabetes ini, ada beberapa cara alami yang dapat dilakukan tidak hanya dengan menggunakan obat luka diabetes saja, namun juga dapat dengan memanfaatkan bahan yang bisa ditemukan disekitar kita, termasuk dengan memanfaatkan madu.

Banyak penelitian telah menunjukkan bahwa madu memiliki aktivitas antibakteri in vitro, dan sejumlah kecil studi kasus klinis telah menunjukkan bahwa penerapan madu untuk luka kulit parah yang terinfeksi mampu membersihkan infeksi dari luka dan meningkatkan penyembuhan jaringan.

Penelitian juga telah menunjukkan bahwa madu dapat memiliki aktivitas anti-inflamasi dan merangsang respon imun dalam luka. Efek keseluruhan adalah untuk mengurangi infeksi dan meningkatkan penyembuhan luka pada luka bakar, bisul, dan luka kulit lainnya.

Baca juga :

Cara Mengobati Luka Diabetes Agar Cepat Kering Secara Alami

Madu memiliki sifat antibakteri dan antimikroba. Penelitian ini dilakukan untuk mengevaluasi efektivitas dan peran madu sebagai agen wound dressing lokal dalam pengelolaan kaki diabetes dan efeknya pada tingkat amputasi. Penggunaan madu secara signifikan mengurangi tingkat amputasi dan meningkatkan penyembuhan luka ketika digunakan untuk dressing luka di ulkus kaki diabetik kronik.

Asam anti microbial dalam madu mencegah pertumbuhan mikroba pada luka yang lembab (basah).  Tidak seperti antiseptic tropical lainnya, madu tidak menyebabkan kerusakan jaringan.  Studi yang dilakukan terhadap binatang percobaan didapatkan hasil bahwa secara histology madu dapat meningkatkan proses penyembuhan luka.  Hal itu adalah efek langsung nutrient yang “drowing limple out” dari sel dengan mekanisme osmosis.

Ada beberapa tips yang dapat dipakai saat merawat luka dengan terapi madu (Molan, 2001) :

  1. Gunakan jumlah madu sesuai dengan jumlah cairan atau eksudat yang keluar dari luka.
  2. Frekuensi penggantian balutan tergantung pada cepatnya madu terlarut dengan eksudat luka.Jika tidak ada cairan luka, balutan dapat diganti dua kali seminggu supaya komponen antibakteri yang terkandung di dalam madu dapat terserap ke dalam jaringan luka.
  3. Untuk mendapatkan hasil yang terbaik, gunakan second dressing yang bersifat absorbent. Jika madu digunakan langsung pada luka, madu akan meleleh sehingga keluar area luka. Hal ini tidak akan efektif untuk merangsang proses penyembuhan luka.
  4. Gunakan balutan yang bersifat “oklusif”, yaitu menutup semua permukaan luka untuk mencegah madu meleleh keluar dari area luka.
  5. Pada cairan luka yang sedang, sebaiknya gunakan transparent film sebagai second dressing.
  6. Pada abses (nanah) dan undermining (luka berkantong), perlu lebih banyak madu untukmencapai jaringan di dalamnya. Dasar luka harus diisi dengan madu sebelum ditutup dengansecond dressing seperti kasa atau dressing pad lainnya.
  7. Untuk memasukkan madu pada luka berkantong, sebaiknya gunakan kasa atau dressing pad sehingga kerja kandungan madu lebih efektif.

Selain sifat antimikroba, madu juga muncul untuk merangsang limfosit dan aktivitas fagositosis. Ini adalah respon imun tubuh kunci dalam pertempuran melawan infeksi. Sejumlah penelitian telah menunjukkan bahwa luka yang sulit sembuh merespon dengan baik jika diatasi dengan madu. Peradangan, pembengkakan dan nyeri cepat mereda, bau yang tidak menyenangkan berhenti ketika Anda menggunakan madu sebagai obat.

Source :

  • http://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/20364754
  • http://cyberdakwah.com/2013/06/madu-sebagai-penyembuh-luka/

Itulah khasiat madu untuk luka diabetes, bagi Anda yang ingin segera sembuh dari luka diabetes ini, kini telah hadir obat luka diabetes paling ampuh, telah terbukti dapat mempercepat pengeringan pada luka sekaligus mempercepat proses penyembuhan luka diabetes. Info lebih lengkap dapat Anda baca pada link berikut, obat luka diabetes agar cepat kering paling ampuh.

Baca juga artikel lainnya :

Glucoblock Capsule – Obat Herbal Diabetes Terbaik

8 Tanaman Obat Herbal Asma

Khasiat Buah Duwet Bagi Penderita Luka Diabetes

Posted by Istana Green World

Benarkah Madu Bermanfaat Bagi Penderita Luka Diabetes ?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *