Ini Dia 13 Penyebab Haid Yang Tidak Teratur / Tidak Lancar

Selamat datang di situs kesehatan www.IstanaGreenWorld.com, Satu-satunya pusat Obat Herbal Green World Global yang menyediakan berbagai produk Suplemen dan Vitamin alami dari Green World. 100 % Aman dan tersebar di 20 negara.

Melayani pemesanan ke seluruh Indonesia dengan memberikan penawaran menarik untuk Anda ” BISA KIRIM BARANG DULU, SETELAH BARANG SAMPAI BARU BAYAR & DIJAMIN UANG KEMBALI JIKA PESANAN TIDAK SAMPAI KE ALAMAT ANDA

Ini Dia 13 Penyebab Haid Yang Tidak Teratur / Tidak Lancar

Ini Dia 13 Penyebab Haid Yang Tidak Teratur / Tidak Lancar

Penyebab Haid Tidak Teratur / Tidak Lancar – Haid atau dikenal juga dengan menstruasi merupakan bagian normal yang sehat dari kehidupan seorang wanita. Menstruasi biasanya dimulai ketika seorang gadis berusia antara 9 dan 16 tahun dan berlanjut sampai seorang wanita berusia 45 tahun – 55 tahun.

Selama menstruasi, lapisan rahim mengalir keluar melalui vagina Anda. Menstruasi biasanya terjadi setiap bulan, dan berlangsung dari 3 sampai 7 hari. Tapi pada suatu waktu siklus ini juga dapat berlangsung lebih cepat atau lebih lama tergantung dari beberapa kondisi.

Baca juga :

Seperti yang telah kami singgung diatas, haid merupakan bagian normal pada seorang wanita yang dapat berlangsung selama 3 sampai 7 hari setiap bulannya. Namun begitu seperti hal lainnya, haid atau menstruasi yang dialami oleh seorang wanita juga dapat mengalami gangguan seperti haid yang tidak lancar atau tidak teratur.

Berikut ini 10 penyebab mengapa seorang wanita mengalami haid yang tidak teratur, diantaranya :

Kehamilan atau menyusui

Haid yang tidak teratur dapat disebabkan oleh kehamilan yang tak terduga. Untuk itu sebaiknya diperiksakan ke dokter. Haid yang tidak lancar juga dapat disebabkan ketika seorang wanita sedang dalam masa menyusui, pada masa menyusui hormon prolaktin Anda meningkat, hormon ini menekan hormon kesuburan Anda sehingga siklus haid Anda tidak teratur bahkan tidak haid.

Penurunan berat badan yang berlebihan

Penurunan berat badan yang ekstrim dan peningkatan aktivitas fisik dapat mengganggu siklus menstruasi. Jika berat badan Anda kurang 10 persen dari yang seharusnya, fungsi tubuh akan berubah dan masa ovulasi (proses di mana salah satu indung telur melepaskan telur) pun terhenti.

Sindrom ovarium polikistik (PCOS)

Perempuan dengan gangguan sistem endokrin umum ini mungkin memiliki menstruasi yang tidak teratur serta pembesaran ovarium yang mengandung koleksi kecil cairan yang disebut folikel. Polikistik ovarium sindrom (PCOS) sendiri terjadi ketika kista sangat kecil (kecil, berisi cairan kantung) berkembang di ovarium. Gejala paling umum ialah haid yang tidak teratur.

Stress

Tidak banyak yang diketahui tentang hubungan antara stres dan siklus menstruasi. Namun, stres tentu memainkan peran dalam menekan fungsi hipotalamus, yang mengontrol kelenjar hipofisis – tubuh kelenjar master – yang, pada gilirannya, mengontrol tiroid dan kelenjar adrenal dan ovarium; mereka semua bekerja sama untuk mengelola hormon.

Disfungsi ovarium dapat menyebabkan masalah dengan produksi estrogen, ovulasi, atau proses reproduksi lainnya. Jika ovarium tidak bekerja dengan benar, efek samping mungkin melibatkan siklus menstruasi, termasuk menstruasi yang tidak teratur.

Baca juga :

Alat kontrasepsi atau pil kb

Alat kontrasepsi (IUD) tidak menyebabkan menstruasi yang tidak teratur, tetapi dapat menyebabkan perdarahan berat atau perdarahan menyakitkan. Menggunakan alat kontrasepsi seperti IUD (spiral) atau pil KB memang bisa menyebabkan perubahan berupa flek diantara siklus menstruasi. IUD bisa menyebabkan darah yang keluar lebih banyak dari biasanya atau sakit perut pada saat menstruasi.

Premature ovarian failure atau kegagalan ovarium prematur

Kegagalan ovarium prematur mengacu pada hilangnya fungsi ovarium normal sebelum usia 40. Wanita yang memiliki kegagalan ovarium prematur juga dikenal sebagai insufisiensi ovarium primer dan mungkin memiliki menstruasi yang tidak teratur.

Pelvic inflammatory disease (PID) atau dikenal dengan penyakit radang panggul

Pelvic inflammatory disease (PID) atau dikenal dengan penyakit radang panggul adalah infeksi ini pada organ reproduksi dapat menyebabkan perdarahan menstruasi yang tidak teratur.

Uterine fibroids atau fibroid rahim

Uterine fibroids atau fibroid rahim adalah pertumbuhan non-kanker rahim. Kondisi ini dapat menyebabkan menstruasi berat dan siklus menstruasi yang berkepanjangan.

Masalah tiroid

Kelenjar tiroid adalah salah satu dari kelenjar endokrin terbesar dalam tubuh manusia. Kelenjar tiroid dikontrol oleh hipotalamus di otak dan kelenjar pituitari, yang terhubung ke dasar otak. Masalah dengan fungsi tiroid dapat dikategorikan sebagai salah satu dari dua penyakit yang berbeda: hipertiroidisme (tiroid yang terlalu aktif) atau hipotiroidisme (tiroid kurang aktif). Menstruasi yang tidak teratur terkadang dapat disebabkan karena gangguan tiroid.

Endometriosis

Endometriosis adalah gangguan dimana jaringan yang membentuk lapisan rahim tumbuh di luar rongga rahim Anda. Lapisan ini disebut sebagai endometrium. Salah satu gejala dari penyakit ini ialah gangguan siklus menstruasi yang menyebabkan haid tidak teratur.

Baca juga :

Alkohol

Penggunaan alkohol ringan sampai sedang memiliki banyak konsekuensi negatif bagi fungsi reproduksi wanita. Alkohol dapat meningkatkan kadar estrogen dan testosteron, yang dapat mengganggu fluktuasi hormon yang normal yang diperlukan untuk ovulasi. Akibatnya, menstruasi Anda menjadi tidak teratur.

Merokok

Tidak hanya dapat menyebabkan berbagai jenis kanker pada pria dan wanita, merokok juga dapat meningkatkan resiko gangguan pada sistem refroduksi wanita. Menurut situs Sumber Daya Kesehatan Perempuan, merokok 10 batang rokok atau lebih setiap hari dapat menyebabkan siklus menstruasi yang lebih pendek. Konsumsi kafein berat juga dapat meningkatkan frekuensi menstruasi Anda.

Kerja malam atau bekerja secara shift

Wanita yang menjalani shift dalam bekerja kemungkinan akan terpengaruh kesuburan dan periode menstruasinya. Sementara jam kerja malam yang terus-menerus akan menyebabkan para pekerja wanita mengalami keguguran dalam kehamilannya. Dalam riset terbaru ini, para peneliti Inggris menganalisis semua hasil riset pada pekerjaan dengan sistem shift berkaitan dengan reproduksi yang dipublikasikan pada 1969 hingga 2013.

Data atas lebih dari 119 ribu wanita mengungkapkan bahwa bekerja dalam shift (bergantian waktu bekerja, kadang masuk pagi dan kadang masuk malam) mempunyai risiko 33 persen lebih tinggi untuk mengalami problem menstruasi dan 80 persen lebih tinggi berisiko mengalami masalah kesuburan dibandingkan dengan mereka yang bekerja pada jam kerja normal, m.tempo.co.

Pengobatan menstruasi yang tidak teratur tergantung pada penyebabnya. Menstruasi yang tidak teratur dapat disebabkan oleh banyak hal yang berbeda. Perubahan tingkat tubuh Anda dari hormon estrogen dan progesteron dapat mengganggu pola menstruasi seperti yang telah dijelaskan diatas. Cara yang paling tepat ialah dengan melakukan gaya hidup yang sehat, atasi stress dan konsumsi buah dan sayuran yang dapat membantu mengatasi gangguan menstruasi Anda.

Source :

  • http://www.healthline.com/symptom/menstrual-irregularity
  • http://www.mayoclinic.org/healthy-lifestyle/womens-health/in-depth/menstrual-cycle/

Baca juga artikel lainnya :

Obat Asma Herbal

Obat pelancar haid terbaik

Ovary Nutrition Capsule Green World ( Solusi Atasi Menstruasi Tidak Lancar Secara Herbal )

Posted by Istana Green World

Ini Dia 13 Penyebab Haid Yang Tidak Teratur / Tidak Lancar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *