Kanker Prostat Dapat Menular, Benarkah ?

Selamat datang di situs kesehatan www.IstanaGreenWorld.com, Satu-satunya pusat Obat Herbal Green World Global yang menyediakan berbagai produk Suplemen dan Vitamin alami dari Green World. 100 % Aman dan tersebar di 20 negara.

Melayani pemesanan ke seluruh Indonesia dengan memberikan penawaran menarik untuk Anda ” BISA KIRIM BARANG DULU, SETELAH BARANG SAMPAI BARU BAYAR & DIJAMIN UANG KEMBALI JIKA PESANAN TIDAK SAMPAI KE ALAMAT ANDA

Kanker Prostat Dapat Menular, Benarkah ?

Kanker Prostat Dapat Menular, Benarkah ?

Kanker Prostat Dapat Menular, Benarkah ? Kanker prostat adalah salah satu jenis penyakit kanker yang menyerang kaum pria. Jenis kanker ini termasuk ke dalam jenis kanker yang dikategorikan berbahaya karena komplikasi fatalnya ialah dapat menyebabkan kematian. Di Indonesia, laju prevalensi kanker prostat cukup tinggi yaitu sekitar 11.5 per 100.000 penduduk dengan estimasi 5.074 kasus baru terjadi tiap tahun.

Baca juga :

Kanker prostat dapat berkembang ketika sel-sel dalam prostat mulai tumbuh dengan cara yang tidak terkendali. Penyebab kanker prostat sebagian besar tidak diketahui. Namun, hal-hal tertentu dapat meningkatkan risiko mengembangkan kondisi kanker prostat. Usia, riwayat keluarga, genetika, asupan makanan dan gaya hidup adalah beberapa faktor mengapa seseorang menderita kanker prostat.

Lalu, benarkah kanker prostat termasuk ke dalam penyakit yang dapat menular ?

Sebuah studi yang dilakukan Cancer Research UK menyebutkan bahwa kanker prostat bisa dimasukkan dalam kategori penyakit menular seksual (PMS).

KANKER prostat dapat menjadi penyakit menular seksual yang disebabkan oleh infeksi. Namun para ilmuwan dari Cancer Research UK mengatakan terlalu dini dan masih perlu bukti untuk memasukkan kanker prostat ke daftar penyakit menular seksual.

Kemungkinan kanker prostat bisa masuk dalam daftar penyakit seksual menular berdasarkan penelitian yang dilakukan ilmuwan dari Universitas California berdasarkan hasil uji sel-sel prostat manusia di laboratorium. Mereka menemukan infeksi seks disebut trikomoniasis dibantu pertumbuhan kanker.

Para peneliti di Amerika dan Italia menemukan bahwa parasit ini menghasilkan suatu protein yang dapat memicu terjadinya proses peradangan (inflamasi) di dalam prostat dan memicu pertumbuhan sel-sel kanker prostat.

Baca juga :

Sebuah penelitian lain di tahun 2009 menemukan bahwa pria yang memiliki antibodi terhadap Trichomonas vaginalis memiliki resiko kanker prostat agresif (kanker yang menyebar di luar prostat) 2 kali lebih tinggi daripada orang yang tidak memiliki antibodi terhadap parasit ini. Kedua penelitian tersebut menemukan bahwa infeksi parasit ini mungkin menyebabkan terjadinya inflamasi dan proliferasi sel, yang memicu terjadinya kanker prostat.

Kendati demikian, peneliti mengatakan, dibutuhkan studi lebih lanjut guna mendukung kesimpulan baru tersebut. “Masih terlalu dini untuk memasukkan kanker prostat ke dalam daftar penyakit menular seksual, namun kemungkinan tersebut ada,” kata Nicola Smith dari Cancer Research UK.

Source :

  • bbc.com
  • jpnn.com
  • dokter.id
  • viva.co.id

Semoga informasinya bermanfaat, terimakasih 🙂

Baca juga artikel lainnya :

Cara Menyembuhkan Pembengkakan Prostat

Posted by Istana Green World

Kanker Prostat Dapat Menular, Benarkah ?

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.