16 Manfaat Buah Kurma Medjool, Buah Kurma Paling BESAR Di Dunia

16 Manfaat Buah Kurma Medjool, Buah Kurma Paling BESAR Di Dunia, Sejarah, Fakta & Nutrisi Kurma Medjool

16 Manfaat Buah Kurma Medjool, Buah Kurma Paling BESAR Di Dunia

Kurma medjool adalah jenis buah kurma yang memiliki ukuran paling besar dari semua jenis buah kurma lain yang ada di dunia. Dipenuhi vitamin, mineral dan serat, manfaat kesehatannya luar biasa. Varietas kurma ini juga terbukti mengurangi kolesterol dan meningkatkan kesehatan tulang.

Apa sebenarnya kurma medjol ? Mengapa jenis kurma ini lebih unggul ?

Kurma medjool adalah buah dari kultivar pohon kurma medjool, secara ilmiah dikenal sebagai Phoenix dactylifera. Kurma medjool telah dibudidayakan selama ribuan tahun karena rasanya yang sangat manis. Mereka adalah jenis buah yang tumbuh di pohon kurma di iklim panas dan kering seperti Timur Tengah, Afrika dan California.

Assistant Chef Executive of Sea Grain Restaurant, Ahmad Nurseha, mengatakan, perbedaan mencolok antara kurma medjool dan kurma lainnya adalah dari segi ukuran. Kurma medjool memiliki ukuran dua kali lebih besar, namun memiliki tekstur yang lembut dan tidak keras saat digigit.

Kurma medjool juga disebut kurma medjul, kurma ini memiliki kulit lembut dan enak, rasanya manis. Mereka juga memiliki tekstur yang sedikit berserat. Buahnya besar hingga sangat besar ukurannya, dan berubah dari kuning menjadi coklat kemerahan.

Nutrisi kurma medjool

Nutrisi buah kurma medjool

Sesuai USDA, kurma medjool menyediakan energi dan mineral utama seperti kalsium, fosfor dan kalium. Ini juga mengandung vitamin B (thiamin, riboflavin, niasin, folat dan vitamin B6 ), vitamin K, vitamin A, natrium dan zat besi.

Satu buah kurma mengandung 66 kalori, 15,95 gram gula dan 0 lemak trans. Karena kurma secara alami kaya karbohidrat (17,99 miligram dalam satu kurma), kurma adalah sumber energi yang sangat baik. Kurma Medjool juga sarat dengan banyak vitamin dan mineral.

Sejarah & fakta menarik buah kurma medjool

Sejarah buah kurma medjool

NAT_DATEFEST_AD The 12th edition of Liwa date festival will begin on 20 to 30th July 2016- PHOTO: Ahmed Kutty/Gulf News, Archive

Kurma berasal dari kurma ( phoenix dactylifera ) pohon dari keluarga palem, ditemukan di Afrika utara, Kepulauan Canary, Timur Tengah, Pakistan, India dan California.

Kurma adalah buah satu biji, biasanya lonjong, tetapi seringkali memiliki variasi berbeda-beda seperti ukuran, warna, kualitas dan konsistensi daging. Ada ratusan varietas bernama pohon kurma Phoenix dactylifera, tetapi salah satu yang paling terkenal adalah pohon kurma Medjool yang besar dan lembut, yang menghasilkan kurma Medjool.

Kurma telah menjadi makanan pokok di Timur Tengah dan Lembah Indus selama ribuan tahun. Mereka diyakini berasal di sekitar tempat yang sekarang Irak, dan telah dibudidayakan sejak zaman kuno dari Mesopotamia ke Mesir prasejarah, mungkin sejak 4000 SM.

Kurma ditanam sebagai pohon hias di sepanjang pantai Mediterania Eropa dengan daun-daunnya digunakan.

Arab Saudi, Mesir, Iran dan Irak saat ini adalah negara-negara penghasil dan pengekspor kurma terkemuka. Di AS, California adalah produsen utama Amerika untuk kurma Medjool. Pohon kurma Medjool juga ditanam di beberapa negara bagian AS lainnya, termasuk Arizona, Florida, Louisiana, Nevada, dan Texas.

Manfaat buah kurma medjool untuk kolesterol, sembelit, tekanan darah hingga meningkatkan kesehatan tulang

1. Mengurangi kolesterol

Kurma medjool adalah pilihan bijak untuk menjaga kadar kolesterol sehat. Ketika Anda memakannya, Anda meningkatkan asupan serat yang tidak larut dan larut, yang pada gilirannya dapat secara signifikan menurunkan kolesterol secara alami – khususnya kolesterol LDL (“buruk”).

Seperti yang kita ketahui, kolesterol LDL merupakan faktor utama penyebab serangan jantung, penyakit jantung, dan stroke, menjadikan kurma lezat ini sebagai pilihan sehat jantung.

Ketika ada terlalu banyak kolesterol yang bersirkulasi dalam darah, itu dapat membuat endapan lengket yang disebut plak di sepanjang dinding arteri. Plak akhirnya dapat mempersempit atau menghalangi aliran darah ke otak, jantung dan organ lainnya.

Sel-sel darah yang terperangkap dalam plak membentuk gumpalan, yang dapat melepaskan dan sepenuhnya memblokir aliran darah melalui arteri, menyebabkan serangan jantung atau stroke. Jika Anda menderita kolesterol tinggi, para ahli merekomendasikan diet yang menyertakan makanan tinggi serat seperti kurma.

Faktanya, penelitian di Israel menemukan bahwa Medjool kurma, bersama dengan berbagai kurma lainnya, “menghambat oksidasi LDL, dan sebagian besar ekstrak juga merangsang penghapusan kolesterol dari makrofag.”

2. Mencegah & meringankan sembelit

Kandungan serat yang tinggi dari kurma medjool menjadikannya pilihan cerdas ketika ingin menjaga diri Anda tetap teratur.

Jika Anda mengalami sembelit lebih dari sesekali atau memiliki rasa sakit dan / atau pendarahan yang parah, penting untuk memeriksakan diri ke dokter karena gejala-gejala ini dapat menjadi tanda gangguan pencernaan yang lebih serius.

Tetapi sebelum Anda panik, sembelit hanyalah tanda bahwa diet Anda membutuhkan lebih banyak serat. Rata-rata orang dewasa membutuhkan sekitar 25 hingga 30 gram serat per hari untuk mencegah sembelit, yang jauh lebih sedikit daripada yang dikonsumsi kebanyakan orang setiap hari.

Kurma memiliki tingkat serat larut yang tinggi, yang menjaga buang air besar secara teratur dengan menambahkan kotoran ke dalam tinja dan membantunya bergerak lebih cepat melalui usus.

3. Mengurangi tingkat trigliserida

Buah kurma Medjool dapat memberikan jantung Anda dorongan yang sehat. Sebuah studi yang diterbitkan dalam Journal of Agriculture and Food Chemistry menemukan kurma medjool kaya akan sifat antioksidan in vitro.

Pada penelitian. Sepuluh subyek sehat mengkonsumsi 100 gram setiap hari baik buah kurma Medjool atau Hallawi selama empat minggu. Menurut penelitian, konsumsi kurma Medjool mengurangi kadar trigliserida darah sebesar 8 persen di antara para peserta.

Trigliserida adalah jenis lemak (lemak) yang ditemukan dalam darah Anda. Memiliki kadar trigliserida yang tinggi dapat meningkatkan risiko penyakit jantung sehingga penting untuk menjaga kadar trigliserida Anda pada tingkat normal (kurang dari 150 miligram per desiliter).

4. Meningkatkan kesehatan tulang

Sejumlah besar mineral penting yang ditemukan dalam kurma Medjool menjadikannya superstar dalam hal memperkuat tulang dan melawan penyakit tulang yang menyakitkan dan melemahkan seperti osteoporosis.

Kurma tinggi kalsium dan makanan tinggi fosfor , yang bekerja sama erat untuk membangun tulang dan gigi yang kuat. Sekitar 85 persen fosfor tubuh ada di tulang dan gigi.

Fosfor diperlukan untuk pertumbuhan, pemeliharaan dan perbaikan semua jaringan dan sel, dan untuk produksi blok pembangun genetik, DNA dan RNA. Fosfor juga diperlukan untuk membantu menyeimbangkan dan menggunakan vitamin dan mineral lainnya, termasuk vitamin D, yodium, magnesium, dan seng.

Kalsium adalah mineral paling melimpah di tubuh Anda. Ini penting untuk pengembangan dan pemeliharaan gigi dan tulang yang kuat.

Kalsium juga membuat jantung, saraf, otot, dan sistem tubuh lainnya berfungsi dengan baik, dan mungkin paling dikenal untuk membantu mencegah osteoporosis.

Ketika orang mulai menua dan tulang mereka mulai menjadi lebih lemah, mempertahankan diet tinggi kalsium dan fosfor dapat menangkal degradasi tulang yang tidak menyenangkan. Makan kurma Medjool secara teratur adalah salah satu cara Anda meningkatkan asupan kalsium dan fosfor.

5. Meningkatkan kesehatan pencernaan

Salah satu hal terbaik tentang kurma medjool adalah kandungan serat makanannya yang tinggi, menurut penelitian dari Cornell University, Jenewa.

Satu porsi kurma mengandung lebih dari 6 gram serat makanan, sekitar 20-25% dari asupan harian yang dibutuhkan, tergantung pada jenis kelamin Anda.

Serat makanan juga penting untuk berfungsinya saluran pencernaan. Serat dapat membantu menghilangkan sembelit dengan merangsang gerakan peristaltik dan mengatur pergerakan usus. Ini juga dapat membantu meringankan wasir, kembung, kram, dan sakit perut secara umum.

6. Mengatur tekanan darah

Level kalium yang penting dalam kurma Medjool berarti bahwa mereka memiliki efek positif pada tekanan darah.

Kalium adalah vasodilator, sehingga mampu meredakan ketegangan di pembuluh darah dan arteri, yang dapat meredakan ketegangan pada sistem kardiovaskular dan mengurangi risiko aterosklerosis , serangan jantung dan stroke.

7. Meningkatkan metabolisme

Vitamin B hadir dalam kurma medjool, seperti niasin, asam pantotenat , dan asam folat, sangat penting untuk mengatur metabolisme, termasuk lebih dari 300 proses metabolisme berbeda yang berlangsung di dalam tubuh kita setiap hari.

Tembaga juga ditemukan dalam kadar tinggi dalam kurma ini, yang dapat meningkatkan penyerapan zat besi dan berkontribusi untuk menghasilkan energi dalam tubuh. Praveen Kumar Vayalile dari University of Alabama di Birmingham dalam sebuah penelitian mengungkapkan tentang sifat-sifat imunostimulan.

8. Mengatur penyerapan nutrisi

Dengan meningkatkan pencernaan, kurma medjool dapat memastikan bahwa proses pencernaannya efisien. Tingkat signifikan tembaga dan kalsium juga meningkatkan ketersediaan hayati zat besi dan kalium, yang selanjutnya meningkatkan kesehatan.

9. Menjaga kesehatan mata

Kurma Medjool mengandung beta-karoten, yang dapat dikonversi menjadi vitamin A, antioksidan kuat yang sangat efektif dalam perawatan mata. Vitamin A telah dikaitkan dengan tingkat degenerasi makula yang lebih rendah, perkembangan katarak yang lambat, dan stres oksidatif yang lebih rendah di retina.

10. Mengatur hormon

Mangan sering merupakan mineral esensial yang diabaikan yang dibutuhkan oleh tubuh, meskipun memiliki sejumlah efek kunci pada produksi dan regulasi hormon. Kurma medjool memiliki mineral ini dalam kelimpahan. Ini penting, khususnya untuk produksi hormon seks.

11. Memberikan rasa kenyang

Makan kurma medjool membantu Anda mengatur keinginan Anda untuk makan makanan manis. Kandungan serat yang tinggi dari kurma ini membuat Anda merasa kenyang selama berjam-jam dan mengekang mengidam makanan Anda.

Selain itu, kurma memberikan Anda banyak asam amino dan serat makanan yang larut dan tidak larut yang dibutuhkan tubuh Anda untuk mempertahankan fungsi tubuh yang lancar.

12. Membantu membangun otot

Sumber gambar : https://www.asmaraku.com/blogs/baca/7-makanan-dan-suplemen-yang-anda-butuhkan-untuk-membangun-otot

Kurma medjool mengandung kadar gula alami tinggi dan kalium. Mereka mengandung jumlah kalium yang lebih besar daripada pisang. Asupan potasium dan gula yang baik membantu Anda mengembangkan tonus otot yang baik dan meningkatkan kesehatan fisik Anda.

13. Mempertahankan sistem saraf

Kurma yang kaya mineral ini memberi Anda jumlah tembaga, kalium, dan magnesium yang baik yang memastikan kelancaran sistem saraf dan pembentukan kolagen Anda.

Baca juga : Segudang Khasiat Buah Kurma Untuk Meningkatkan Kesehatan Otak Anda

14. Menetralkan aktivitas radikal bebas

Mangan yang ada dalam kurma medjool bertindak sebagai faktor penting superoksida dismutase, antioksidan. Antioksidan ini sangat efektif menetralkan radikal bebas dan mencegah kerusakan sel.

15. Menjaga kulit Anda tetap sehat

Kurma Medjool memiliki jumlah niasin, asam panthothenic, dan niasin yang baik. Vitamin dan nutrisi ini membantu Anda memiliki kulit yang bercahaya dan sehat. Yang perlu Anda lakukan adalah makan dua atau tiga kurma ini setiap hari.

16. Mencegah anemia

Terakhir tetapi tidak sedikit, kurma Medjool adalah sumber yang kaya akan zat besi mineral. Asupan zat besi yang baik membantu Anda memiliki jumlah hemoglobin yang baik dan mencegah risiko anemia. Cukup tambahkan tiga hingga empat kurma ini ke dalam diet harian Anda dan cegah risiko kekurangan zat besi.

Sumber :

  • https://draxe.com/medjool-dates/
  • https://www.organicfacts.net/medjool-dates.html
  • https://www.morphemeremedies.com/16-health-benefits-of-medjool-dates/

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.