Manfaat Daun Tempuyung Untuk Membantu Penyakit Batu Empedu

Jika saat ini Anda sedang mencari rekomendasi pengobatan penyakit batu empedu dengan cara alami dan mudah, Anda berada di website yang tepat. Karena saat ini kami akan membahas cara alami membantu mengobati penyakit batu empedu dengan memanfaatkan daun tempuyung.

Manfaat Daun Tempuyung Untuk Membantu Penyakit Batu Empedu

Manfaat Daun Tempuyung Untuk Membantu Penyakit Batu Empedu

Manfaat Daun Tempuyung Untuk Membantu Penyakit Batu Empedu – Sampai saat ini daun tempuyung telah diteliti karena manfaatnya yang diketahui dapat membantu meluruhkan batu ginjal. Keampuhan daun tempuyung sebagai Obat batu ginjal alami diteliti oleh almarhum Prof. Dr. Sarjito dari Universitas Gajah Mada Yogyakarta menunjukkan, kandungan kalium dalam tempuyung dapat membantu menghancurkan batu ginjal.

Dan selain bermanfaat untuk membantu meluruhkan batu ginjal, saat ini daun tempuyung juga diketahui memiliki khasiat baik untuk membantu mengobati penyakit batu empedu. Benarkah ? Let’s find out …

Mengenal daun tempuyung untuk penyakit batu empedu

Tempuyung adalah tanaman yang mempunyai manfaat untuk digunakan sebagai obat berbagai macam-macam penyakit, seperti batu ginjal, demam, usus buntu dan penyakit batu empedu.

Penyakit batu empedu sendiri merupakan endapan mirip kristal yang berkembang di kantong empedu. Kantong empedu sendiri adalah organ berbentuk pir kecil yang menyimpan empedu, cairan pencernaan yang diproduksi oleh hati.

Beberapa hal yang dapat menyebabkan mengapa seseorang memiliki penyakit batu empedu ialah ketika kandung empedu mengandung terlalu banyak kolesterol dan mengandung terlalu banyak bilirubin. Ketidakseimbangan kimia ini menyebabkan kristal kecil berkembang di empedu. Ini bisa berangsur-angsur tumbuh (seringkali bertahun-tahun) menjadi batu padat yang bisa sekecil sebutir pasir atau sebesar kerikil.

Baca juga :

Pada perannya terhadap penyakit batu empedu, daun tempuyung ini mengandung kaya akan zat aktif seperti saponin, flavonoid, polifenol, alfa-lactucerol, beta-lactucerol, manitol, inositol, silika, kalium, taraksasterol.

Saponin. Struktur kimia unik saponin memungkinkan mereka menawarkan sejumlah manfaat kesehatan prospektif. Dipercaya saponin memiliki efek menguntungkan pada kolesterol, dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh, memiliki efek antioksidan, dan bahkan mungkin mendukung kekuatan tulang.

Saponin tampaknya membantu meningkatkan kadar kolesterol normal. Tubuh menggunakan kolesterol untuk menghasilkan empedu yang diperlukan untuk pencernaan. Saponin mengikat dengan empedu dan mencegah kolesterol diserap kembali ke dalam aliran darah; Sebaliknya, itu hanya diekskresikan. Manfaat saponin terhadap kolesterol ini secara tidak langsung membantu mengatasi penyebab dari penyakit batu empedu yaitu kolesterol tinggi.

Polifenol adalah bahan kimia yang ditemukan pada tanaman yang diyakini memiliki manfaat kesehatan yang penting, menurut American Cancer Society. Beberapa bukti ada bahwa polifenol membantu mencegah bahaya kesehatan seperti kanker, tekanan darah tinggi, penyakit jantung dan diabetes.

Mannitol sebenarnya adalah alkohol gula, yang berarti itu adalah unsur gula dan sebagian alkohol. Mannitol sering digunakan sebagai diuretik osmotik yang meningkatkan aliran darah dari ginjal. Hal ini juga dapat mengangkut cairan menggunakan membran dari daerah konsentrasinya yang rendah menjadi lebih terkonsentrasi.

Baca juga :

Dan manfaat daun tempuyung sebagai Obat batu empedu alami karena kandungan kaliumnya. Kalium yang terkandung dalam daun tempuyung berfungsi melancarkan air seni, serta menghancurkan batu dalam empedu, ginjal dan kandung kemih. Sedangkan natrium berfungsi meningkatkan cairan ekastra seluler yang menyebabkan peningkatan volume darah.

Bagaimana cara memanfaatkan daun tempuyung untuk membantu menyembuhkan penyakit batu empedu ? Seperti yang dikutip dari laman http://lifestyle.kompas.com/, Anda bisa menyiapkan : 5 lembar daun tempuyung parutan kelapa secukupnya. Cuci, setelah dicuci lalu diasapkan sebentar dan kemudian dicampur dengan parutan kepala seperti halnya membuat urap. Dan terakhir konsumsi bersama nasi sebagai lalapan dan dapat dikonsumsi 3 kali sehari.

Itulah Obat batu empedu tradisional dari daun tempuyung yang mungkin bisa Anda langsung praktekan di rumah. Terimakasih, semoga artikelnya bermanfaat 🙂

Posted by Istana Green World

Manfaat Daun Tempuyung Untuk Membantu Penyakit Batu Empedu

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.