Penyebab Penyakit Batu Empedu

Penyebab Penyakit Batu Empedu

Penyebab Penyakit Batu EmPenyebab Penyakit Batu Empedupedu – Batu empedu diduga terbentuk akibat pengerasan kolesterol yang tertimbun dalam cairan empedu. Hal ini terjadi karena adanya ketidak seimbangan antara kolestrol dan senyawa kimia dalam cairan tersebut. Kehadiran batu empedu berukuran besar dapat memperbesar risiko terjadinya komplikasi seperti penyumbatan, infeksi, dan pankreatitis pada kandung empedu.

Secara umum penyakit batu empedu merupakan bentukan potongan-potongan bahan padat yang terbentuk di kandung empedu. Batu-batu ini berkembang karena kolesterol dan pigmen empedu kadang-kadang membentuk partikel keras.

Apa Saja Penyebab Batu empedu?

  • Genetika / Riwayat keluarga
  • Berat badan ( kegemukan )
  • Penurunan motilitas (gerakan) dari kantong empedu
  • Diet yang tidak sehat

Batu pigmen lebih sering terjadi pada orang dengan kondisi medis tertentu, seperti sirosis (penyakit hati di mana jaringan parut menggantikan jaringan hati yang sehat) atau penyakit darah seperti anemia.

Batu empedu bisa terbentuk ketika ada ketidakseimbangan dalam zat yang membentuk empedu. Misalnya, kolesterol yang dapat berkembang sebagai akibat karena terlalu banyak kolesterol dalam empedu dan karena batu pigmen.

Apa Sajakah Faktor Risiko Penderita Penyakit Batu Empedu ?

  • Genetika ( Faktor Keturunan ). Jika keluarga Anda memiliki riwayat penyakit tersebut, Anda berisiko memiliki batu empedu.
  • Obesitas. Ini adalah salah satu faktor risiko terbesar. Obesitas dapat menyebabkan kenaikan kolesterol dan juga dapat membuat kandung empedu dari mengosongkan sepenuhnya.
  • Estrogen. Estrogen dapat meningkatkan kolesterol dan mengurangi kandung empedu motilitas. Wanita yang hamil atau yang mengambil pil KB atau terapi penggantian hormon memiliki tingkat lebih tinggi dari estrogen dan mungkin lebih mungkin untuk mengembangkan batu empedu.
  • Jenis kelamin dan usia. Batu empedu lebih sering terjadi pada wanita dan orang tua, walaupun sering juga ditemukan pada laki-laki.
  • Obat kolesterol. Beberapa obat penurun kolesterol meningkatkan jumlah kolesterol dalam empedu, yang dapat meningkatkan kemungkinan penumpukan batu kolesterol.
  • Diabetes. Orang dengan diabetes cenderung memiliki tingkat yang lebih tinggi dari trigliserida (sejenis darah lemak), yang merupakan faktor risiko untuk batu empedu.

Batu empedu biasanya diobati dengan operasi pembedahan untuk mengambil kantong empedu. Operasi tersebut dikenal dengan operasi kolesistektomi terbuka. Sebuah prosedur baru, yang disebut kolesistektomi laparoskopi. Biaya operasinya sendiri berkisar antara Rp. 10.000.000 – Rp. 20.000.000 bahkan lebih mahal lagi. Baca juga – > Cara ampuh mengobati batu empedu tanpa operasi !

Baca juga : Ciri Gejala Dan Tanda Penyakit Batu Empedu

Posted By Istana Green World

Penyebab Penyakit Batu Empedu

Comments (4)

  1. Pingback: Ciri Ciri Penderita Penyakit Batu Empedu | Istana Green World Indonesia

  2. Pingback: Makanan Yang Baik Untuk Penderita Batu Empedu | Istana Green World Indonesia

  3. Alan

    Hello, yes this paragraph is genuinely fastidious and I have learned lot of things from it about
    blogging. thanks.

    Reply
  4. Pingback: Pengobatan Tradisional Batu Empedu | Istana Green World Indonesia

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *